Indomaret Point : Inovasi Pemimpin Pasar Menghadapi Kompetitior Asing

Tuesday, January 08, 2013


 7Eleven, FamilyMart dan Lawson merupakan peritel jenis convenience store yang baru saja meramaikan kompetisi pasar ritel Indonesia dalam 2 tahun terakhir ini. Dengan konsep yang modern serta makanan / minuman cepat saji, para peritel asing coba untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup masyarakat muda yang berkembang di kota Metropolitan seperti JAKARTA.

Siapa pebisnis lokal yang otomatis menjadi pesaing sekunder dari para peritel asing ini ? Sudah tentu adalah pemilik minimarket lokal seperti Indomaret. Kenapa saya sebut dengan pesain sekunder ? Karena konsep desain ada sedikit perbedaan antara convenience store dan minimarket, namun isi produk yang ditawarkan hampir sama. Sebagai pelopor minimarket di Indonesia, Indomaret tentu punya strategi sendiri dalam menghadapi peritel asing. Kalau Indomaret selama ini fokus pada KEBUTUHAN HIDUP masyarakat, strategi kali ini harus menyasar GAYA HIDUP.


Dengan struktur umbrella brand, Indomaret meluncurkan konsep Indomaret Point. Indomaret Point merupakan produk inovasi untuk menjawab GAYA HIDUP dan strategi untuk menyaingi 7Eleven, FamilyMart dan Lawson. Indomaret Point memiliki identitas logo yang hampir serupa dengan Indomaret namun dengan penekanan nama “Point”.


Saat ini Indomaret Point sudah tersebar sebanyak lebih kurang 100 outlet di beberapa kota di indonesia. Di Jakarta bisa anda temukan di daerah kampus seperti Kemanggisan, Mall besar seperti Central park dan Senayan City. Kalau anda punya waktu untuk berlibur di Bali, anda akan menemukan banyak gerai Indomaret Point di sepanjang legian dan Kuta. Indomaret Point juga bisa ditemukan di berbagai perkantoran besar di Jakarta, bandar udara hingga stasiun kereta api.


Indomaret Point punya ciri khas yang berbeda dengan konsep minimarket Indomaret  karena menyediakan sitting area dan berbagai makanan / minuman cepat saji. Kalau anda datang ke gerai Indomaret Point yang ada di sekitar Kuta dan legian, anda akan mendengarkan sapaan dari personil toko dalam bahasa Inggris apabila turis yang masuk adalah turis mancanegara. Produk unggulan dari Indomaret Point  ada merek Yummy Choice, Yummy Suki, Yummy Pau dan Freezy Say Bread.

Yang saya perhatikan dari produk makanan dan minuman siap saji di Indomaret Point, semua menunya punya cita rasa yang sudah disesuaikan dengan kegemaran lidah lokal. Komposisi produk yang dijual juga tidak didominasi oleh merek – merek asing. Yang paling penting buat kacamata konsumen, Indomaret Point juga selalu punya berbagai promosi menarik untuk konsumennya.

Indomaret Point memberikan extra services bagi pelanggannya dengan free wifi serta tempat charge handphone di sitting area. Salah satu aktivitas promosi yang menarik di Indomaret Point adalah lokasi Indomaret Point seringkali dipakai untuk promosi launching album bagi para musisi yang bekerja dengan Indomaret dalam penjualan CD mereka.

Secara keseluruhan, anda pasti puas dengan konsep baru yang ditawarkan Indomaret Point melalui produk dan layanan yang diberikan. Sekarang pilihan nongkrong anak muda jadi semakin banyak. Sebagai pelaku pasar dalam industri apapun, jangan pernah berhenti untuk berinovasi dan memahami perubahan kebutuhan yang ada di masyarakat. The best product came from Market-Based insight.

You Might Also Like

3 comments

Like Us On Facebook

My Blog Partner