Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

27 Mei 2013

100 Langkah Untuk Tidak Miskin

Bicara tentang masalah keungan pribadi selalu menjadi topik panjang yang sensitif, penting, berorientasi masa depan dan tidak ada habis - habisnya. Kali ini saya belajar dari sebuah buku Personal Financa yang Praktis dan Inspiratif karya @mrshananto seorang Independent Financial Advisor dari @QM_Financial. Buku ini ditulis pada tahun 2010, dan merupakan buku pertama yang berhasil saya habiskan + review dalam kurun waktu 24 Jam (biasanya berminggu minggu baru niat nge review). Oh ya, menurut Buku karya @ReneCC @mrshananto termausk ROCKSTAR yang bisa jadi inspirasi banyak orang Lho.

Buku ini berjudul Untuk Indonesia yang Kuat "100 Langkah untuk Tidak Miskin" . Pikiran @mrshananto yang menarik buat saya adalah passionnya untuk menyadarkan Kelas Ekonomi Menengah Indonesia untuk memperhatikan keuangan pribadi dengan seksama. Kelas Ekonomi Menangah Indonesia merupakan golongan penggerak ekonomi yang dominan serta bisa memiliki pengaruh yang besar bagi lingkungan sekitarnya. Yang dimaksud dengan Kelas Ekonomi Menengah adalah orang - orang yang punya penghasilan tetap, cukup untuk kehidupan sehari - hari dan tidak lagi kuatir terhadap kebutuhan primer sehari - hari. Ya kalau anda bisa akses internet serta baca blog ini, saya yakin anda termasuk Kelas Ekonomi Menengah.

100 Langkah untuk tidak miskin dipaparkan @mrshananto melalui 100 daftar pencapaian Finansial yang bisa kita cek untuk mengukur seberapa sehat kondisi keuangan kita. Kalau boleh dirangkum secara cepat, untuk bisa memiliki kondisi keuangan pribadi yang sehat, (Financial Freedom)  ada beberapa hal yang penting buat kita terapkan :
  1. Membayar Tagihan sendiri, anda harus bertanggung jawab atas pengeluaran yang anda lakukan.
  2. Membayar Utang, catatan penting di bagian ini adalah, milikilah Utang yang produktif bukan konsumtif, Tagihan Kartu Kredit WAJIB DIBAYAR LUNASSS !!!!
  3. Membeli Properti Pertama, bisa cash bisa nyicil (5 - 15 tahun), apartemen ataupun rumah, setiap orang perlu punya properti sendiri.
Nah untuk mencapai Hal - hal di atas, @mrshananto merekomendasikan beberapa jenis produk keuangan yang perlu kita miliki seperti :
  1. Tabungan, sudah pasti kita semua memiliki tabungan untuk menyimpan uang, nah yang penting adalah bagaimana kita me manage tabungan dengan baik (banyak tips berguna di buku ini, salah satunya adalah Pergi ke ATM hanya seminggu sekali) 
  2. Deposito, ini merupakan jenis produk yang memberikan manfaat lebih tinggi dari pada tabungan, namun hanya bisa diandalkan untuk kebutuhan jangka pendek
  3. Reksadana, merupakan instrumen investasi yang bisa digunakan untuk jangka pendek, menengah dan panjang. Oh ya dalam buku ini kira bisa belajar bahwa "MENABUNG SAJA TIDAK CUKUP"
  4. Asuransi Kesehatan dan Jiwa, ini merupakan elemn proteksi terhadap usaha anda memenuhi Financial Freedom
Nah, itu dia sedikit pelajaran penting yang bisa saya bagikan dari buku 240 Halaman, masih banyak hal - hal detil tentang keuangan yang sulit untuk di share dri tulisan ini. oh ya kalau mau tahu salah satu Testimoni teman saya yang sudah belajar langsung dari @mrshananto , bisa cek tulisannya di sini

Bagi saya, tidak ada salahnya memiliki banyak atau sedikit uang, uang hanyalah sarana pembayaran, memiliki banyak uang memberikan lebih banyak kesempatan untuk memilih apa yang diinginkan. Terlepas dari banyak atau sedikit, yang terpenting adalah bagaimana kita bisa mengoptimalkan penggunaannya bagi diri sendiri dan juga bermanfaat bagi orang lain.

1 komentar:

Poskan Komentar