Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

24 Okt 2013

Melakukan Bisnis Ritel dengan Misi yang Jelas 7-Eleven Indonesia

Setiap bisnis yang ingin berkembang dengan pesat harus memiliki Misi yang jelas. Misi perusahaan menjadi langkah yang perlu diperhatikan untuk mencapai VISI besar. Beberapa waktu lalu saat saya mengunjungi salah satu gerai 7-Eleven di Jakarta, ada sebuah pigura kecil yang menarik dipasang di depan Meja Kasir. 

Pemandangan ini jujur baru pertama kali saya lihat di outlet retail yang ada di Indonesia. Pandangan saya langsung menelusuri baris demi baris tulisan itu untuk memahami apa Misi sebenarnya dari 7-Eleven Indonesia.
Misi - Menjadi Convenience Store yang dekat dengan costumer dan memenuhi kebutuhan mereka.
Di 7-Eleven Indonesia, tujuan dan misi kami adalah menawarkan produk dan layanan terbaik agar mempermudah pemenuhan kebutuhan hidup costumer melalui outlet kami setiap saat.
Seluruh karyawan dari Sales Associate sampai para manager, mulai dari pusat produksi, para pengemudi trusck, CDC (Combined Distribution Centers) sampai karyawan di SSC (Store Support Center), kami semua mendukung 7-Eleven untuk memastikan bahwa kami memenuhi kebutuhan customer dengan memberikan produk seperti rice bowl, sandwiches, fresh bakery, fried chicken, donut, dengan layanan yang terbaik, cepat dan mudah.
Sebelum membahas lebih dalam, saya mau sedikit mengkritik beberapa kesalahan tulis di Pigura itu (Manusia memang tidak lepas dari salah namun untuk dipasang di ratusan toko 7-Eleven butuh ketelitian lebih) : 'costumer', seharusnya customer | 'donut', seharusnya donat / doughnut.

Menurut saya bisnis retail merupakan bisnis yang harus mengutamakan layanan kepada pelanggan. Bisnis ritel bukan hanya soal mengurus stok gudang dan mendsiplay produk namun bagaiaman peritel bisa menyediakan produk melalui layanan yang unggul untuk pelanggannya. Misi perusahaan harus menjadi komitmen seluruh lapisan pegawai yang ada diperusahaan, mulai dari puncak pimpinan hingga tim toko yang melayani pelanggan.

7-Eleven ini membantu pelanggannya untuk mempermudah proses pemenuhan hidupnya. Untuk menjalankan misi tersebut, 7-Eleven perlu memperhatikan proses penerimaan barang dari Produsen, menyimpannya dengan rapih di gudang, mengirimkan dengan tepat waktu ke setiap outlet hingga mendisplay dengan teratur di rak pajang. Ujung terakhir dari penerapan Misi tersebut adalah produk yang dibutuhkan pelanggan sampai ke kantong belanja pelanggan dalam keadaan yang baik.

Dari pengalaman saya selama bekerja di dunia ritel, menyediakan layanan yang terbaik, cepat dan mudah menjadi tantangan terbesar. Seringkali Misi perusahaan merupakan mimpi dari eksekutif perusahaan yang ada di Kantor Pusat namun sayangnya mimpi tersebut tidak dimiliki oleh Para Pejuang di toko (Tim pramuniaga dan Kasir). Beda pemahaman antara eksekutif di Kantor dan para pekerja di Toko merupakan gap yang beresiko untuk mencapai Misi besar Perusahaan. 

Cara terbaik untuk bisa meraih MISI perusahaan, bukan saja melalui penetapan misi yang spesifik dan terukur namun juga adanya penyelarasan mimpi antara semua pihak yang terlibat dalam proses bisnis di Perusahaan. Mimpi yang selaras akan memberikan semangat dan komitmen yang selaras pula sehingga kemajuan perusahaan dan kepuasan pelanggan dapat tercapai.


3 komentar:

Poskan Komentar