Mengubah Kebiasaan Konsumen, Meningkatkan Penjualan

Wednesday, January 08, 2014

Terry Palmer pasti dikenal oleh banyak orang dengan kualitas Handuk yang baik dengan bahan yang nyaman untuk dipakai setiap hari. Beberap waktu yang lalu saat sedang berbelanja ke Hipermarket, saya menemukan salah satu Marketing Campaign yang dijalankan Terry Palmer yaitu "Ayo ! Cuci Handuk 3 hari sekali" .

Tertarik untuk sejenak berpikir tentang bagimana ide marketing yang cocok digunakan untuk produk - produk yang memilki life-time usage cukup panjang seperti handuk. Life-time usage yang saya maksudkan adalah handuk merupakan jenis produk yang belum tentu dibeli secara periodik harian bahkan bulanan. Saya sendiri sebagai konsumen dalam setahun paling banyak hanya membeli handuk 2 - 3 kali. Pembelianpun dilakukan hanya bila ada potongan harga yang sangat miring atau bila handuk yang sudah dimiliki mulai luntur warnanya atau mulai tidak nyaman dipakai di kulit.

Menurut pengamatan saya, dalam menjual produk dengan life-time usage yang cukup panjang ada beberap jenis aktifitas promosi yang bisa kita lakukan yaitu :

  1. Promo Potongan harga Super murah. Tidak dapat dipungkiri bahwa konsumen seringkali akan membeli produk yang tidak terlalu mendesak kebutuhannya saat menghadapi tawaran potongan harga yang super murah.
  2. Promo tukar tambah, konsumen bisa menukarkan produk yang sudah dimiliki saat ini dengan produk yang baru.
  3. Ubah Kebiasaan Konsumen, kebiasaan yang saya maksud di sini adalah kebiasaan konsumen dalam menggunakan produk yang kita jual. Sudah banyak brand yang menggunakan cara ini, kalau kita lihat salah satunya Sariwangi yang mendorong konsumen untuk minum Teh Malam Hari atau Menyikat Gigi setiap habis makan.
Terry Palmer dalam campaignnya menyampaikan bahwa bakteri di Handuk menggandakan diri setiap menit sehingga penting untuk kita rutin mencuci Handuk untuk menjaga kebersihan. Dibalik pesan kesehatan yang dibawa dalam campaign ini, kalau kita pikir baik - baik sebenarnya konsumen dihimbau untuk mencuci handuk lebih sering, dan anda pasti sudah tahu kelanjutannya apa yang akan terjadi kalau kita semakin sering mencucui handuk .......... handuk cepat berkurang warnanya ..... kelembutan handuk berkurang ..... dan kita akan beli lagi handuk baru.


Mempelajari kebiasaan konsumen dalam menggunakan produk yang kita pasarkan adalah salh satu bagian penting dalam menemukan ide promosi yang tepat untuk menaikkan penjualan. Mengamati cara pakai konsumen bisa meliputi kapan konsumen membeli, di mana mereka membeli, pada momen apa saja konsumen menggunakan produk kita, seberapa sering produk kita dipakai dalam periode waktu tertentu dan faktor apa yang dipertimbangkan konsumen untuk Membeli kembali produk kita.

You Might Also Like

0 comments

Like Us On Facebook

My Blog Partner