Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

17 Mar 2014

Saham Pilihan Terbaik Investasi 2014 di Indonesia

Indonesia menunjukkan indikator pertumbuhan yang cukup baik di tahun 2013. Sudah waktunya kita mempersiapkan rencana investasi yang lebih gencar di tahun 2014 ini. Meskipun kita tetap perlu waspada pada gejolak Pemilu Presiden di Indonesia yang akan berlangsung pada 9 Juli 2014. Untuk tahun 2014, saya sendiri berminat pada saham - saham dari sektor Consumer Goods, Infrastruktur, Properti dan Sektor pendukung Properti. Alasan saya sederhana karena meningkatnya segmen kelas menengah dan Nilai Tukar Rupiah terhadap dollar yang mulai menunjukkan penguatan bertahap akhir - akhir ini.

Beberapa waktu lalu saya mendapatkan informasi yang menarik dari Majalah Investor Januari 2014 yang memberikan rekomendasi 10 Saham pilihan untuk investasi 2014. Materi di majalah tersebut merupakan kompilasi dari rekomendasi sejumlah perusahaan sekuritas. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat buat sahabat semua.

Ada 2 Isu yang berkaitan dengan bisnis PGN yaitu kebijakan Open Access (Peluang bisnis terbuka bagi pihak swata), serta rencana Pertamina mengakusisi PGN. Berita baiknya adalah kebutuhan pasar terhadap Gas sebagai sumber energi semakin meningkat ditambah lagi rencana pemerintah untuk mengkonversi BBM menjadi Gas.

Telkom di tahun 2013 telah berhasil melakukan ekspansi bisnis ke Mancanegara, dari target 10 Negara sudah tercapai 8 negara dan tersisa 2 negara yang akan menjadi fokus di tahun 2014. Telkom memilih negara dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi serta negara yang menjadi tujuan dari Turis Indonesia. Melalui bisnisnya Telkomsel, Telkom juga mengalami pertumbuhan bisnis yang signifikan karena meningkatnya jumlah pelanggan khususnya pelanggan data bergerak. Ya kalau kita tambah banyak yang melek teknologi, pakai smartphone, internetan dan Social media pastinya akan memberikan pertumbuhan yang positif bagi perusahaan ini.

Beberapa Mega Proyek yang akan ditangani oleh Adhi Karya kedepannya adalah : Proyek Monorel Jakarta Link Transportation (JLT) yang menghubungkan Bekasi Timur - Cawang - Kuningan - Cibubur pada tahun 2015, Proyek Monorel Automatic People Mover System (APMS) yang akan memudahkan transportasi antara Bandara Internasional Soekarno-Hatta 1 sampai terminal 3, Proyek automatic container tranportation (ACT) di Pelabuhan Tanjung Priok Surabaya.

Meskpun di tahun 2013 harga CPO merosot jauh, pada Q4 2013 harga CPO mulai menunjukkan kenaikan yang didorong oleh perbaikan ekonomi China dan India yang merupakan importir terbesar CPO dari Indonesia. Pada tahun ini prospek kenaikan harga diprediksi akan semakin baik karena spekulasi cuaca hujan yang cukup panjang di Indonesia dan Malaysia akan mempengaruhi jumlah pasokan CPO, jumlah kebutuhan yang meningkat serta pelua CPO untuk dikembangkan lebih banyak lagi sebagai Biofuel.

Wika melakukan berbagai diversifikasi bisnis seperti properti, beto pracetak, minyak, gas hingga fabrikasi baja. Kesemuanya itu dilakukan agar perusahaan tidak sepenuhnya bergantung pada proyek Pemerintah semata. Masih banyak proyek besar yang akan ditangani WIKA di tahun 2014, salah satunya adalah pembangunan Jakarta Mass Rapid Transit (MRT).

Siapakah yang masih meragukan performa penjualan perusahaan ini ? Boleh dibilang Indofood adalah perusahaan makanan terbesar di Indonesia dengan berbagai brand besar yang dimilikinya. Selama 2013 hingga awal tahun ini Indofood melakukan banyak aktifitas akusisi diantara mengakusisi Perusahaan pemiliki Pepsi Cola serta Air minum Club. Melakukan Joint Venture dengan perusahaan minuman raksasa asal Jepang Asahi Group Holdings yang telah meluncurkan produk pertamanya yaitu Minuman Teh Hijau Ichi Ocha. Indofoo tampak agresif untuk masuk ke industri minuman sebagai langkah melengkapi bisnis makanan dan meningkatkan penjualannya dengan jaringan distribusi kuat yang telah terbangun. Saham ini sangat baik untuk disimpan jangka panjang.

Jasa Marga di tahun ini berencana menambah 5 Ruas Jalan Tol Baru yaitu JORR W2 Utara, Bogor Ring Road, Semarang - Solo, Gempol Pandaan dan Gempol Pasuruan. Selain itu perusahaan juga telah melakukan penyesuaian tarif dibeberapa ruas jalan tol di Jakarta yang dikelolannya.

Kalau sebelumnya sahabat akrab dengan Nama Semen Gresik, mulai Januari 2013 Semen Gresik sudah beralih nama menjadi Semen Indonesia. Ini merupakan langkah awal ekpansi yang besar sesuai dengan perencanaan perusahaan. Salah satu aktifitas penting yang baru saja dilakukan adalah mengakusisi 70% Saham perusahaan Semen dari Vietnam, Thang Long Cement. Tentunya akusisi tersebut akan meningkatkan kapasitas produksi Semen Indonesia untuk melaksanakan MP3EI (Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Eknonomi Indonesia) dari pemerintah.

Kalbe Farma sangat terpengaruh oleh melemahnya rupiah di Tahun 2013 karena sebagian besar bahan baku untuk pembuatan obat - obatan masih berasal dari impor. Di tahun ini, Kalbe Farma berusaha mensiasati pertumbuhan bisnisnya dengan menjual produk - produk ternamnya seperti Extra Joss, Diabetasol, Zee, Biskuit Milna, Mixagrip dan Woods ke negara - negara tetangga. Perusahaan juga mengembangkan berbagai benefit yang baik untuk konsumen dalam Negeri seperti kartu Kalbe Family dan gerai Kal Care yang bisa ditemukan di beberapa Mall besar di Jakarta.

Indofood melakukan ekspansi pasar lewat akusisi 63,35% Saham Minzhong Food Corporation China untuk memperbesar perkembangan bisnisnya di China, mengakusisi Saham Pabrik Gula Companhia Minerja de Acucar el al-cool Partipaccoes di Brazil. Indofood juga sedang membangun pabrik Mi Instan di Serbia.

Demikian 10 Saham yang direkomendasi dari Majalh Investor 2014, menurut saya semua analisanya punya alasan Fundamental yang kuat, pilihlah yang sesuai dengan karakter investasi anda masing - masing. Happy Trading, Happy Invest Happy Cuan.

3 komentar:

Poskan Komentar