Rainbow Loom Band - Aksesoris Wajib Punya Buat yang Begaul

Wednesday, August 20, 2014

Rainbow Loom Band, ini mainan seru yang saya temukan akhir - akhir ini di Kantor. Saya baru tahu soal Loom Band ini dari teman" Ladies yang tiba" seru seru di ruangan kerja mereka sambil merangkai karet - karet warna warni jadi kreasi gelang yang keren keren. Begitu melihat gelang" karet tersebut saya langsung teringat prakarya di masa SD membuat gelang dari manik - manik dan nylon. 

Rainbow Loom Band adalah mainan kreasi gelang (Skill paling dasar, paling expert bisa dibuat baju bahkan boneka) yang diciptakan pada tahun 2011 oleh Cheong Choon . Cheong Choon membuat Loom Band setelah tertarik melihat anak kecil perempuan yang membuat gelang cantik dari karet gelang. Saat Cheong Choon coba membuat kreasi karet menjadi gelang, ternyata Cheong Choon kesulitan karena ukuran tangannya yang cukup besar sebagai orang dewasa. Seperti banyak dikatakan oleh banyak pebisnis sukses "When you face a problem, your solutions will turn into money", Cheong Choon kemudian coba membuat propotype "Loom" (Alat Sulam) untuk membantu dirinya membuat kreasi dari karet gelang. Setelah mempatenkan karya Loom Bandnya, Cheong Choon seperti membuka awal masa depannya sebagai miliuner dari karet gelang.



Di tahun 2013, semakin marak selebriti dan berbagai kreasi Loom Band yang muncul di dunia maya. Di indonesia, baru booming di awal tahun 2014 ini. Rainbow Loom Band terdiri dari perangkat sulam dan karet gelang berwarna warni. Di Internet kita akan bisa menemukan banyak sekali pengembangan kreasi dari Loom Band ini. Kalau tertarik mencoba bisa di lihat di sini 

Bagi seorang marketers, sudah wajib hukumnya kalau kita tidak boleh ketinggalan hal - hal yang sedang tren di kehidupan konsumen baik dari TV Show yang lagi digemari, Makanan" yang lagi hits, lagu, goyangan dangdut hingga ke permainan kecil seperti Loom Band ini. Menurut saya faktor utama yang membuat Loom Band digemari banyak orang adalah aktifitas menyulam yang dapat menghasilkan berbagai kreasi sesuai dengan kreatifitas setiap orang. Awalnya saya hanya tertarik untuk minta dibuatkan oleh teman, saya hanya ikut - ikutan dalam memilih warna dan kreasi polanya. Namun setelah mencoba sendiri melakukan Loom Band, dalam 2 ari saya sudah berhasil menyelesaikan 4 Gelang (Yeaaaaaaay !!!!!!) dan rasa ingin mencoba berbagai warna" dan kreasi lainnya semacam membuat "Ketagihan" untuk berkreasi. Pilihan patern dan warna Loom Band bisa dipadupadankan dengan Jam Tangan atau warna baju, nah berhubung harga jualnya yang tidak terlalu mahal, maka konsumen bisa menikmati kreasi tanpa batas dengan Loom Band Kit yang dimiliki.



Saya pikir Loom Band bisa menjadi media promosi / aktifitas yang menarik bagi Brand yang menargetkan pada kreatifitas anak  hingga brand yang masih related pada remaja putra / putri. Saya sempat mebayangkan, gimana kerennya kalau brand punya karet - karet warna warni yang identik dengan equity brandnya kemudian dibuatkan menjadi karet gelang untuk dipakai para konsumen loyalnya.

Salah satu outlet Premium Retail Groceries di Jakarta yang sudah menangkap peluang ini adalah Ranch market yang menyediakan Rak Khusus di dekat kasir untuk menjual perangkat lengkap Loom Band. Akan berapa lama tren ini bertahan ? Tidak ada seoarangpun yang akan tahu, karena itu segera pikirkan apa yang bisa anda manfaatkan dari tren ini untuk meningkatkan Brand Equity hingga meningkatkan penjualan produk anda. (Tentunya kita perlu selalu melihat korelasi tren dengan target market dan segmentasi produk kita. Ini Hal dasar, jangan dilupakan.)


You Might Also Like

4 comments

Like Us On Facebook

My Blog Partner